Langsung ke konten utama

User Documentation

 Apa sih User Documentation itu? User Documentation adalah Dokumentasi dari suatu produk atau service yang disediakan untuk end users (konsumen yang hanya memakai suatu teknologi tanpa mengetahui proses panjang dibaliknya). User Documentation di desain untuk membantu end users dalam menggunakan suatu produk/service.
• Jenis dari User Documentation adalah
Paper User manual meliputi :Online User manual meliputi :
TutorialsOnline manual
Reference ManualsOnline help
Quick ReferenceContext-sensitive help
User GuideOnline tutorial &Animated demonstration
Online communities, newsgroups, listservers,        e-mail, chat, and instant messaging
• Fungsi dari User Dokumentasi sendiri adalah :
  • memberikan kinerja sistem(feedback) yang baik untuk pengguna
  • memberikan panduan interaksi antara pengguna dan sistem
  • memberikan panduan kepada pengguna untuk mempelajari sistem
  • memberikan panduan kepada pengguna untuk memecahkan masalah
• Tahapan-tahapan dalam Membuat User Dokumentasi Yang Baik :
  • Ease of Navigation
Prinsip untuk mendesain good navigation membantu mengarahkan sebagus apa dokumentasi itu di organisasi untuk memfasilitasi dalam mencari bagian/topik tertentu. Ada beberapa prinsip dalam memenuhi ease of navigation yaitu:
– daftar isi harus menyediakan pandangan garis besar nya saja bukan list yang terlalu panjang
– sediakan index dengan catatan untuk user goal dan task/operation name
– pisahkan jenis2 informasi dan gunakan petunjuk yang konsisten pada setiap jenis (motivational, conceptual, procedural dan example)
  • Ease of Learning(Mudah Dipelajari)hal-hal yang perlu diperhatikan :
– Logical sequent (urutan logika)
– Berikanlah ilustrasi
– Berikan sampel
– berikan contoh gambaran abstract untuk menjelaskan sebuah penjelasan dengan bahasa yang mudah dipelajari user
  • Easof Reading(Mudah Dibaca)
    hal-hal yang diperhatikan :
– Berikan Tanda baca yang baik serta dengan bahasa baku
– Tidak menggunakan kalimat yang tidak penting
– Berikan jargon (hastag)
– Gunakan Tulisan yang mudah dibaca(baku = times new roman)
• Beberapa contoh User Documentation yang bagus dan ramah dengan end user

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apa Itu Fill-In Form ?

Definisi Fill-In Form Suatu sistem interaktif untuk meminta data atau informasi dari pengguna. Fill-In Forms berupa sebuah tabel yang harus diinput oleh User kedalam sistem untuk memperoleh data yang valid dari User. CONTOH-CONTOH FILL-IN FORMS 1.Berbasis Text Manual 2. Fill-In Forms Berbasis GUI 3.Fill-In Forms pendaftaran Facebook -Memiliki judul yang jelas, visual yang teratur -Memiliki kekurangan pada saat pengisian data, tanda field yang wajib diisi tidak ditampilkan sejak awal dan baru keluar apabila field tersebut terlewati. STRUKTUR FILL-IN FORMS Judul yang jelas Gunakanlah judul yang jelas dan sesuai dengan topik Instruksi yang jelas Jelaskan task dengan singkat dan jika perlu sediakan layar petunjuk Gambarkan aksi yang harus dilakukan Visual yang teratur dan menarik Field jangan dikumpulkan di satu tempat Perhatikan alignment Formulir di layar harus menyerupai di kertas Pengelompokkan terstuktur dan ...

Response Time & Error Handling

Response Time   adalah waktu tanggap yg diberikan oleh antar muka/interface ketika user merequest/ mengirim permintaaan ke komputer. Semakin cepat waktu respon maka semakin baik, pada umumnya respon yang lebih dari 14 detik akan membuat perhatian user terpecah pada aktifitas lainnya, waktu tanggap yang kurang dari 2 detik dianggap cukup memadai. Tujuan Response Time  adalah optimasi kinerja pada komputer, kriteria kinerja yang diuji dalam response time ada 4 yaitu : •   Fairness  Proses-proses diperlakukan sama yaitu mendapat jatah waktu layanan pemroses yang sama dan tidak ada proses yang tidak kebagian layanan pemroses sehingga mengalami startvation. •   Efisiensi  atau utilisasi pemroses dihitung dengan perbandingan (rasio) waktu sibuk pemroses. Sasaran penjadwalan adalah menjaga agar pemroses tetap dalam keadaan sibuk sehingga efisiensi mencapai maksimum. •  Turn Around Time Adalah waktu yang dihabiskan dari saat sebuah fungsi yang mulai ...

Command Language dan Natural Language

Command language merupakan interaksi manusia dan komputer yang tradisional dan orisinil. Pada antarmuka jenis ini, hanya prompt dan instruksi yang disediakan oleh sistem user harus mengingat nama serta sintaks untuk perintah karena yang tampil hanya prompt yang ready. Bentuknya dapat berupa function keys, karakter tunggal, singkatan, satu kata, atau kombinasi dua yang pertama (e.g. + untuk ‘EXIT’) Natural language atau dalam bahasa Indonesia nya berarti bahasa alam merupakan cabang ilmu komputer dan linguistic yang mengkaji interaksi antara komputer dengan bahasa alami manusia. Natural language sering dianggap sebagai cabang dari kecerdasan buatan dan bidang kajiannya bersinggungan dengan linguistic komputasional. Kajian natural language antara lain mencangkup segmentasi tuturan, segmentasi teks, penandaan kelas kata, serta pengawataksaan makna. Meskipun kajiannya dapat mencakup teks dan tuturan, pemrosesan tuturan telah berkembang menjadi suatu bidang kajian terpisah. Pada prin...