Langsung ke konten utama

Mengenal User Profile Yuk

Suatu bentuk karakteristik user dalam. Hal ini sumber daya manusia yang akan mengoperasikan personal komputer dimana dalam sebuah interaksi sangat dibutuhkan sebuah karakteristik manusianya agar antara komputer dan manusia bisa saling memahami apa yang dimaksud.

User Profile sendiri memiliki beberapa faktor yaitu Usability dan Design(UI).
Selain itu, desain dalam suatu tampilan user juga mempengaruhi suatu kinerja pemrosesan dalam informasi seperti:
  • Short command mengoptimalkan Response phase, tetapi menyebabkan Read-scan phase dan Think phase menjadi kurang optimal.Contoh : Terkadang suatu web design menyediakan berbagai informasi sedangkan user hanya    membutuhkan informasi tertentu yang biasa di gunakan si user.
  • Menu hierarchy dengan sedikit level dan banyak pilihan pada setiap layar akan mengoptimalkan Response phase, tetapi menyebabkan Read-scan phase dan Think phase menjadi kurang optimal.Contoh : Banyaknya tampilan menu pada suatu web design mengakibatkan si user menjadi lebih cepat bosan karena harus berputar putar untuk menemukan point langsung.
Ada 3 fase pemrosesan informasi :
  • Perceptual system (Read-scan) : Suatu proses memahami suatu pola yang terbentuk.
  • Cognitive system (Think) : Proses mengolah suatu informasi yang di dapat.
  • Motor system (Response) : Tindakan terstruktur yang membutuhkan keterampilan motorik kasar dan keterampilan motorik halus.
Lalu, pengolahan informasi sebagai suatu proses kognitif yang terdiri atas serangkaian proses, yakni :
  • Penyimpanan (Storage)
  • Retensi (Pengambilan)
  • Pengumpulan informasi (Information Gathering).
Kemudian dari segi pengguna terdapat :
  • User’s Psychology characteristic : merupakan faktor pendukung utama dari cara berfikir, belajar, dan berkomunikasi dengan sistem.
  • User’s Knowledge & Experience : seberapa tahu serta pengalaman si user dalam berselancar di komputer.
  • User’s Physical Characteristic : karakteristik user saat menggunakan perangkat.
  • User’s Physical Environment : lingkungan si user saat melakukan pengoperasian perangkat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apa Itu Fill-In Form ?

Definisi Fill-In Form Suatu sistem interaktif untuk meminta data atau informasi dari pengguna. Fill-In Forms berupa sebuah tabel yang harus diinput oleh User kedalam sistem untuk memperoleh data yang valid dari User. CONTOH-CONTOH FILL-IN FORMS 1.Berbasis Text Manual 2. Fill-In Forms Berbasis GUI 3.Fill-In Forms pendaftaran Facebook -Memiliki judul yang jelas, visual yang teratur -Memiliki kekurangan pada saat pengisian data, tanda field yang wajib diisi tidak ditampilkan sejak awal dan baru keluar apabila field tersebut terlewati. STRUKTUR FILL-IN FORMS Judul yang jelas Gunakanlah judul yang jelas dan sesuai dengan topik Instruksi yang jelas Jelaskan task dengan singkat dan jika perlu sediakan layar petunjuk Gambarkan aksi yang harus dilakukan Visual yang teratur dan menarik Field jangan dikumpulkan di satu tempat Perhatikan alignment Formulir di layar harus menyerupai di kertas Pengelompokkan terstuktur dan ...

Response Time & Error Handling

Response Time   adalah waktu tanggap yg diberikan oleh antar muka/interface ketika user merequest/ mengirim permintaaan ke komputer. Semakin cepat waktu respon maka semakin baik, pada umumnya respon yang lebih dari 14 detik akan membuat perhatian user terpecah pada aktifitas lainnya, waktu tanggap yang kurang dari 2 detik dianggap cukup memadai. Tujuan Response Time  adalah optimasi kinerja pada komputer, kriteria kinerja yang diuji dalam response time ada 4 yaitu : •   Fairness  Proses-proses diperlakukan sama yaitu mendapat jatah waktu layanan pemroses yang sama dan tidak ada proses yang tidak kebagian layanan pemroses sehingga mengalami startvation. •   Efisiensi  atau utilisasi pemroses dihitung dengan perbandingan (rasio) waktu sibuk pemroses. Sasaran penjadwalan adalah menjaga agar pemroses tetap dalam keadaan sibuk sehingga efisiensi mencapai maksimum. •  Turn Around Time Adalah waktu yang dihabiskan dari saat sebuah fungsi yang mulai ...

Command Language dan Natural Language

Command language merupakan interaksi manusia dan komputer yang tradisional dan orisinil. Pada antarmuka jenis ini, hanya prompt dan instruksi yang disediakan oleh sistem user harus mengingat nama serta sintaks untuk perintah karena yang tampil hanya prompt yang ready. Bentuknya dapat berupa function keys, karakter tunggal, singkatan, satu kata, atau kombinasi dua yang pertama (e.g. + untuk ‘EXIT’) Natural language atau dalam bahasa Indonesia nya berarti bahasa alam merupakan cabang ilmu komputer dan linguistic yang mengkaji interaksi antara komputer dengan bahasa alami manusia. Natural language sering dianggap sebagai cabang dari kecerdasan buatan dan bidang kajiannya bersinggungan dengan linguistic komputasional. Kajian natural language antara lain mencangkup segmentasi tuturan, segmentasi teks, penandaan kelas kata, serta pengawataksaan makna. Meskipun kajiannya dapat mencakup teks dan tuturan, pemrosesan tuturan telah berkembang menjadi suatu bidang kajian terpisah. Pada prin...