Langsung ke konten utama

Rancangan Aplikasi Bukti pembayaran UDINUS


Ide awal atau latar belakang dibuatnya aplikasi ini untuk mempermudah mahasiswa UDINUS dalam mengkonfirmasi uang pembayaran yang berkaitan dengan kampus,karena untuk pengkonfirmasiannya yang sekarang Mahasiswa harus mengantri didepan Loket BIKU dan harus menunggu lama. Alhasil banyak dari Mahasiswa udinus mencari hari sepi untuk pengkonfirmasian keuangan diBiku,dengan cara seperti itu sebagian Besar dari mahasiswa Lupa bila harus mengkonfirmasi pembayaran DiBiku ,dengan adanya plikasi ini Mahasiswa tidak perlu lagi Mengantri lama untuk Konfirmasi pembayaran dikarenakan mahasiswa tinggal menggirim Foto bukti pembayaran di aplikasi SBK Udinus ini.


Gambaran rancangan tampilan dari aplikasi ini yaitu:


Halaman Login 
      Menampilkan halaman Login.Login digunakan untuk masuk ke aplikasi oleh User yang sudah memiliki akun aplikasi tersebut.Terdapat dua buah Fill In Form yaitu NIM dan Password.
     
       

- Halaman Awal
 Menampilkan halaman Awal setelah login,setelah User masuk melewati halaman Login.Terdapat informasi tentang Info Keuangan dan Riwayat Keuangan Mahasiswa. Info Keuangan bertujuan untuk menginformasikan apakah ada tagihan atau tidak bila kita mengkliknya ,riwayat Keuangan adalah informasi yang sudah kita bayar serta dikonfirmasi

        

 - Halaman Menu Info Keuangan Ketika di klik dan belum membayar 
        Pada halaman ini kita akan mengkonfirmasi kepihak BIKU dengan cara memberi Bukti berupa Foto slip pembayaran dari BANK secara langsung atau lewat ATM,caranya dengan mengklik SUBMIT 

             
'-   - Halaman Kamera
        Setelah mengklik Submit maka akan terbuka Kamera Belakang Hp Mahasiswa sebagai sarana mengambil foto dari slip tagihan.

             

      - Halaman Menu Informasi Keuangan ketika setelah di Submit
        Bila telah terfoto slip pembayarannya maka akan langsung menuju ke operator dan menunggu konfirmasi dari pihak BIKU.
             

-    - Halaman Riwayat Keuangan
       Kita bisa mengecek apakah sudah terbayarkan atau tidak di halaman Riwayat Keuangan ,bila sudah terbayar maka akan muncul info Riwayat bahwa telah membayar Uang Kuliah serta detil dari Pembayaran.
               

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apa Itu Fill-In Form ?

Definisi Fill-In Form Suatu sistem interaktif untuk meminta data atau informasi dari pengguna. Fill-In Forms berupa sebuah tabel yang harus diinput oleh User kedalam sistem untuk memperoleh data yang valid dari User. CONTOH-CONTOH FILL-IN FORMS 1.Berbasis Text Manual 2. Fill-In Forms Berbasis GUI 3.Fill-In Forms pendaftaran Facebook -Memiliki judul yang jelas, visual yang teratur -Memiliki kekurangan pada saat pengisian data, tanda field yang wajib diisi tidak ditampilkan sejak awal dan baru keluar apabila field tersebut terlewati. STRUKTUR FILL-IN FORMS Judul yang jelas Gunakanlah judul yang jelas dan sesuai dengan topik Instruksi yang jelas Jelaskan task dengan singkat dan jika perlu sediakan layar petunjuk Gambarkan aksi yang harus dilakukan Visual yang teratur dan menarik Field jangan dikumpulkan di satu tempat Perhatikan alignment Formulir di layar harus menyerupai di kertas Pengelompokkan terstuktur dan ...

Response Time & Error Handling

Response Time   adalah waktu tanggap yg diberikan oleh antar muka/interface ketika user merequest/ mengirim permintaaan ke komputer. Semakin cepat waktu respon maka semakin baik, pada umumnya respon yang lebih dari 14 detik akan membuat perhatian user terpecah pada aktifitas lainnya, waktu tanggap yang kurang dari 2 detik dianggap cukup memadai. Tujuan Response Time  adalah optimasi kinerja pada komputer, kriteria kinerja yang diuji dalam response time ada 4 yaitu : •   Fairness  Proses-proses diperlakukan sama yaitu mendapat jatah waktu layanan pemroses yang sama dan tidak ada proses yang tidak kebagian layanan pemroses sehingga mengalami startvation. •   Efisiensi  atau utilisasi pemroses dihitung dengan perbandingan (rasio) waktu sibuk pemroses. Sasaran penjadwalan adalah menjaga agar pemroses tetap dalam keadaan sibuk sehingga efisiensi mencapai maksimum. •  Turn Around Time Adalah waktu yang dihabiskan dari saat sebuah fungsi yang mulai ...

Command Language dan Natural Language

Command language merupakan interaksi manusia dan komputer yang tradisional dan orisinil. Pada antarmuka jenis ini, hanya prompt dan instruksi yang disediakan oleh sistem user harus mengingat nama serta sintaks untuk perintah karena yang tampil hanya prompt yang ready. Bentuknya dapat berupa function keys, karakter tunggal, singkatan, satu kata, atau kombinasi dua yang pertama (e.g. + untuk ‘EXIT’) Natural language atau dalam bahasa Indonesia nya berarti bahasa alam merupakan cabang ilmu komputer dan linguistic yang mengkaji interaksi antara komputer dengan bahasa alami manusia. Natural language sering dianggap sebagai cabang dari kecerdasan buatan dan bidang kajiannya bersinggungan dengan linguistic komputasional. Kajian natural language antara lain mencangkup segmentasi tuturan, segmentasi teks, penandaan kelas kata, serta pengawataksaan makna. Meskipun kajiannya dapat mencakup teks dan tuturan, pemrosesan tuturan telah berkembang menjadi suatu bidang kajian terpisah. Pada prin...