Langsung ke konten utama

Menu & Organization Of Functionality

Pada kesempatan kali saya akan membahas tentang menu. Menu merupakan suatu cara untuk memberitahu user mengenai instruksi - instruksi yang dapat dieksekusi oleh aplikasi.
  1. Apa itu Menu??
  • Menu adalah daftar sejumlah pilihan dalam jumlah terbatas, yang biasanya berupa suatu kalimat atau kumpulan kalimat yang sudah di tentukan untuk memudahkan user. Tujuan dari Menu adalah memudahkan user dalam mengoperasikan suatu sistem yang mudah diingat dan dipahami.
  1. Sistem Menu terdiri dari 3 jenis
  • Single menu adalah menu yang berdiri secara independen atau berdiri sendiri dan tidak mempengaruhi yang lainnya.single menu sendiri dibagi lagi menjadi beberapa macam diantaranya
    ➢ Binary Menu


    ➢ Multiple Selection Menu


    ➢ Pull Down dan Pop Up Menu


    
    ➢ Scrolling and two-dimensional menu


    ➢ Iconic Menu

  • Linear Sequence Menu merupakan metode ini sangat membantu user dalam membuat pilihan yang kompleks. metode ini sangat berguna bagi novice user
          
  • Multiple Combination Menu dibagi menjadi 6 jenis yaitu Tree Structured Menus,Linear Sequence,Simultaneous menus,Menu Maps,Acyclic Network Menus,Cyclic Network Menus
  • Tree-structured menu merupakan Metode penyusunan menu dengan membentuk kategori item-item yang serupa membentuk struktur tree. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pengelompokan menu menggunakan metode ini yaitu :
           - Kelompokan item yang serupa secara logis
           - Bentuk kelompok yang melingkupi semua kemungkinan
           - Pastikan item tidak overlap
           - Gunakan istilah yang dikenal
           
  • Linear Sequence merupakan menu Berfungsi untuk memudahkan user membuat suatu pilihan yang kompleks dan berguna untuk novice user (pemula)
          
  • Simultaneous menus merupakan menu yang Memberikan semua pilihan yang mungkin secara bersamaan dan memperbolehkan user untuk memasukkan pilihan secara sembarang.
          
  • Menu Maps merupakan menu yang Memperlihatkan semua menu yang ada. Berfungsi suntuk membantu user agar tidak bingung dengan menu yang ada.
         
  • Cyclic Network Menus merupakan Tipe menu yang dapat bercabang-cabang dan dapat kembali ke menu utama atau menu sebelumnya.
          
  • Acyclic Network Menus merupakan tipe menu yang dapat bercabang-cabang dan setiap menu dapat ditempu dengan beberapa cara namun tidak dapat kembali ke menu utama atau menu sebelumnya
          
  • Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Membuat Menu
          -Organisasikan menu berdasarkan jenis pekerjaan
              -Lebih cenderung pada broad-shallow  daripada narrow-deep
                -Perlihatkan posisi dengan grafik, angka, ataupun judul
                  -Gunakan items sebagai judul untuk subtrees
                    -Pengelompokkan item harus memiliki arti
                      -Pembuatan urut - urutan item harus memiliki arti
                        -Gunakan kalimat singkat (keyword)
                          -Perhatikan konsistensi grammar, layout, dan terminologi
                            -Sediakan shortcut
                              -Perbolehkan user untuk langsung kembali ke menu sebelumnya dan main menu
                                -Pertimbangkan online help, response time, display rate, dan ukuran layar
                      • Penamaan Menu
                                -Gunakan kata atau istilah yang familiar dan konsisten
                                  -Pastikan sebuah menu dapat dibedakan dengan yang lain
                                    -Jangan bertele – tele
                          • Hal - hal yang perlu diperhatikan dalam menu layout 
                                    -Judul
                                      -Layout dan design (ukuran layar, display rate, character set, dan teknik highlighting)
                                        -Konsistensi (judul, penempatan item, instruksi, pesan kesalahan, dan laporan status)
                                          -Teknik (indentasi, huruf besar / kecil, simbol, penanda posisi, cascading menus, magic lens)
                                • Content Organization
                                          -Pengaturan konten dapat dilakukan dengan memperhatikan hal-hal berikut:
                                            -Mengelompokkan suatu pekerjaan yang sama kedalam satu kategori
                                              -Membuat menu dengan berurutan, urutan bisa didasarkan pada waktu, nomor urutan dan lain-  lain

                                    Komentar

                                    Postingan populer dari blog ini

                                    Apa Itu Fill-In Form ?

                                    Definisi Fill-In Form Suatu sistem interaktif untuk meminta data atau informasi dari pengguna. Fill-In Forms berupa sebuah tabel yang harus diinput oleh User kedalam sistem untuk memperoleh data yang valid dari User. CONTOH-CONTOH FILL-IN FORMS 1.Berbasis Text Manual 2. Fill-In Forms Berbasis GUI 3.Fill-In Forms pendaftaran Facebook -Memiliki judul yang jelas, visual yang teratur -Memiliki kekurangan pada saat pengisian data, tanda field yang wajib diisi tidak ditampilkan sejak awal dan baru keluar apabila field tersebut terlewati. STRUKTUR FILL-IN FORMS Judul yang jelas Gunakanlah judul yang jelas dan sesuai dengan topik Instruksi yang jelas Jelaskan task dengan singkat dan jika perlu sediakan layar petunjuk Gambarkan aksi yang harus dilakukan Visual yang teratur dan menarik Field jangan dikumpulkan di satu tempat Perhatikan alignment Formulir di layar harus menyerupai di kertas Pengelompokkan terstuktur dan ...

                                    Response Time & Error Handling

                                    Response Time   adalah waktu tanggap yg diberikan oleh antar muka/interface ketika user merequest/ mengirim permintaaan ke komputer. Semakin cepat waktu respon maka semakin baik, pada umumnya respon yang lebih dari 14 detik akan membuat perhatian user terpecah pada aktifitas lainnya, waktu tanggap yang kurang dari 2 detik dianggap cukup memadai. Tujuan Response Time  adalah optimasi kinerja pada komputer, kriteria kinerja yang diuji dalam response time ada 4 yaitu : •   Fairness  Proses-proses diperlakukan sama yaitu mendapat jatah waktu layanan pemroses yang sama dan tidak ada proses yang tidak kebagian layanan pemroses sehingga mengalami startvation. •   Efisiensi  atau utilisasi pemroses dihitung dengan perbandingan (rasio) waktu sibuk pemroses. Sasaran penjadwalan adalah menjaga agar pemroses tetap dalam keadaan sibuk sehingga efisiensi mencapai maksimum. •  Turn Around Time Adalah waktu yang dihabiskan dari saat sebuah fungsi yang mulai ...

                                    Command Language dan Natural Language

                                    Command language merupakan interaksi manusia dan komputer yang tradisional dan orisinil. Pada antarmuka jenis ini, hanya prompt dan instruksi yang disediakan oleh sistem user harus mengingat nama serta sintaks untuk perintah karena yang tampil hanya prompt yang ready. Bentuknya dapat berupa function keys, karakter tunggal, singkatan, satu kata, atau kombinasi dua yang pertama (e.g. + untuk ‘EXIT’) Natural language atau dalam bahasa Indonesia nya berarti bahasa alam merupakan cabang ilmu komputer dan linguistic yang mengkaji interaksi antara komputer dengan bahasa alami manusia. Natural language sering dianggap sebagai cabang dari kecerdasan buatan dan bidang kajiannya bersinggungan dengan linguistic komputasional. Kajian natural language antara lain mencangkup segmentasi tuturan, segmentasi teks, penandaan kelas kata, serta pengawataksaan makna. Meskipun kajiannya dapat mencakup teks dan tuturan, pemrosesan tuturan telah berkembang menjadi suatu bidang kajian terpisah. Pada prin...